TIM PKM-K UNDIP AJARKAN PEMBUATAN AMIS (AQUASCAPE EKONOMIS) KEPADA UPK KEWIRAUSAHAAN DI PERIKANAN

Produk Amis (2)

 

AMIS (Aquascape ekonomis) merupakan suatu alternatif bisnis pengembangan desain interior akuarium yang memanfaatkan barang tidak terpakai untuk dijadikan komponen dalam membuat Aquascape ataupun aksesoris tambahan. AMIS mampu menghasilkan Aquascape bernilai estetika tinggi serta ramah lingkungan. Selain itu, pembuatan AMIS dapat menjadi suatu media untuk mensosialisasikan atau mengkampanyekan aksi GO Green, mengingat kondisi pencemaran dan kerusakan lingkungan yang semakin parah. AMIS berpotensi untuk dijadikan peluang bisnis dengan profit yang signifikan dikarenakan tingkat persaingannya yang masih tergolong rendah dan juga dapat memberikan ketenangan saat dijadikan hiasan ruangan.

Melihat peluang tersebut membuat lima mahasiswa perikanan Undip, yaitu Nanang Setiawan sebagai ketua, Ichwanus Sofa, Miflah Abdu,  Amalina Kirana, dan Regita Tamara semakin giat dalam menekuni dunia berbisnis dalam AMIS  yang menjadi Program Kreativitas Mahasiswa. Tidak hanya memasarkan produknya, tim PKM ini juga mengajarkan bagaimana cara pembuatan AMIS (Aquascape Ekonomis) kepada Mahasiswa UPK Kewirausahaan di Perikanan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa lebih inovatif dalam menjadi seorang entrepreneur.

Beberapa keunggulan dari Aquascape selain menjadi hiasan interior dan  aksi Go Green adalah cara pembuatan dan merawat yang relative mudah. Bahan penghias akuarium bisa menggunakan beberapa barang bekas yang sudah tidak terpakai, seperti kayu, batu, pasir, dan bahan non ekonomis lainnya. Air dalam Aquascape jauh lebih jernih karena berisi tanaman air yang dapat menguraikan sisa-sisa feses ikan atau limbah ikan sehingga keindahan Aquascape lebih lama terlihat. Tidak hanya itu, tanaman air pada Aquascape dapat berfungsi sebagai pemberi oksigen, penolak alga, dan tempat huni bagi ikan.

Luaran yang diharapkan dengan adanya program kewirausahaan ini, terciptanya sebuah usaha yang menghasilkan profit menjanjikan di bidang desain interior akuarium dan menjadi bisnis yang berkelanjutan. Luaran lainnya dengan terbentuknya miniatur taman ataupun pemandangan alam di dalam akuarium diharapkan dapat memicu banyak orang untuk menggemari aquascape serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menghargai dan merawat alam.

wawancara

 

Author: KSA UNDIP

Kelompok Studi Akuakultur

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>