Kunjungan KSA ke APPIHIS

Tau kah kamu apa itu APPIHIS?

APPIHIS (Assosiasi Pembudidaya & Pedagang Ikan Hias Semarang) merupakan suatu kelompok pembudidaya ikan hias yang memperjualbelikan hasil budidayanya dikawasan Semarang, Ungaran dan sekitarnya.

APPIHIS bermarkas di Jl. Patriot I no. H. 49. Ketua pengelola dari kelompok APPIHIS bernama Bapak Edi, kultivan utama yang dibudiyakan benih Ikan Cupang. Ada juga benih Ikan Rainbow dan induk Ikan Discus, tetapi kedua ikan tersebut hanya digunakan sebagai sampingan/selingan. Pakan alami yang digunakan Pak Edi untuk benih ikan adalah rotifer, daphnia (kutu air), cacing sutera dan jentik nyamuk. Pembuatan pakan alami ditempatkan disebuah kolam atau wadah tersendiri.

Pakan masih larva ikan cupang diberi pakan berupa rotifer, hal itu penting karena melihat mulut larva ikan cupang sangatlah kecil, setelah 1 minggu proses pertumbuhan lalu diberi pakan daphnia.

Pemijahan, ciri-ciri ikan Cupang siap memijah adalah dilihat dari perutnya yang besar tanpa diberi makan, sebelum ikan cupang dipijahkan ikan cupang harus berpuasa dahulu layaknya manusia. Proses pemijahan  yang pertama dilakukan persiapan air 1 hari sebelum melakukan pemijahan, ukuran akuarium yang baik dalam pemijahan berukuran 20 x 25 cm dan kedalaman air mencapai 10 cm. Setelah satu hari masukkan ikan cupang jantan, biarkan selama sehari agar bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Hari ketiga ikan cupang betina dimasukkan, pemasukkan ikan cupang betina dilakukan pada siang hari mengingat bahwa ikan cupang bersifat tidak nocturnal, setelah semua ikan dimasukkan barulah ikan dapat melakukan pemijahan. Ikan cupang melakukan pemijahan ditempat yang terang, pemijahan dilakukan selama pukul 09.00 Рsore.

Ikan Cupang sudah mempunyai buih buih kecil untuk menyimpan telurnya setelah melakukan pemijahan. Dalam satu akuarium terdapat 3-4 ikan Cupang betina dan 4-5 ikan Cupang jantan.

Jarak pemijahan pertama kepemijahan kedua butuh estimasi waktu selama 2 minggu,dan jarak pemijahan kedua ke pemijahan ketiga butuh waktu yang cukup lama.

Telur yang keluar setelah melakukan pemijahan berkisar antara 500-1300 telur.

Bagaimana,gampangkan melakukan budidaya benih Ikan Cupang,keuntungan dari penjualan Ikan Cupang pun tidak sedikit. So,yuk budidaya Ikan Cupang bareng-bareng teman :)

 

aKSAra juga tersedia secara offline di gedung C dan D kampus FPIK Universitas Diponegoro, dengan pembaharuan setiap bulan.

Author: KSA UNDIP

Kelompok Studi Akuakultur

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>