AQUAWORLD Terlaksana dengan Sukses

AQUAWORLD 

“A Wonderfulworld in Aquascape dan Diponegoro National Betta Contest”

aquascape

betta contestaw

 

 

 

 

 

 

Pada hari Sabtu dan Minggu, 5 dan 6 Desemeber 2015, telah berlangsung event besar tingkat nasional yang diselenggarakan oleh salah satu unit pelaksana kegiatan mahasiswa yakni KSA Undip dengan Komunitas Aquascape Semarang  “Semarang Scraper Community” dan Komunitas Ikan Cupang Semarang “ Betta Lawang Sewu”. Event ini diselenggarakan dengan maksud memperkenalkan dunia aquascape  dan ikan hias secara lebih luas kepada mahasiswa serta masyarakat umum.

Selain itu juga ada acara dialog interaktif dengan Lukas Joyo Santoso yang merupakan Scraper handal asal Malang yang juga merupakan owner Aquazone yaitu satu-satunya perusahaan di Indonesia yang dapat membuat soil untuk Aquarium, serta pembicara satu lagi yaitu Edy Agusta yang merupakan alumni Undip yang sekarang bekerja di bidang Ekspor Ikan Hias. Menurut Om Lukas, begitu kami menyebutnya, beliau sangat senang dengan acara seperti ini, beliau mengatakan “Saya sangat senang apabila ada mahasiswa yang mengadakan kegiatan seperti ini, kegiatan seperti ini dapat memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa Aquascape juga dapat menjadi bisnis yang menggiurkan, sebagai contoh, saya cuma setting aquascape 5-6x saja sudah mendapatkan satu bulan gaji seperti pegawai negeri”. Tidak luput pula tanggapan yang baik dari mas Edy, beliau juga sangat senang bisa menjadi pembicara dalam acara ini, menurut beliau “Saya senang dengan kegiatan semacam ini, saya jadi dapat memperkenalkan ikan-ikan spesies endemik asal Indonesia, sebenarnya masih sangat banyak ikan-ikan endemik asal Indonesia yang belum tereksplor namun kurangnya minat masyrakat serta para peneliti Indonesia yang mengkaji tentang ikan hias, kebanyakan malah peneliti dari luar negeri yang menemukan ikan-ikan spesies endemik tersebut, hal tersebut sangatlah disayangkan”.

Dalam acara tersebut juga diajarkan cara menyeting aquascape pada aquarium yang dibawakan oleh Semarang Scraper Community. Mulai dari media dasar yang dibutuhkan kemudian cara pemasangan batu, tanaman air, lampu dan lain-lainnya. Event ini dibarengi dengan lomba ikan cupang tingkat nasional yang memang baru pertama kali diadakan di kota Semarang. Lomba ikan cupang tingkat nasional ini diikuti oleh 522 peserta dari berbagai daerah yaitu Jakarta, Bekasi, Kudus, Surabaya, Semarang, Palembang, Depok, Sintang, Purwokerto, Pemalang, Balikpapan, Pekalongan, Malang, Jogjakarta dan masih banyak lagi, bahkan ada yang berasala dari Singapura. Kami berharap tahun depan  acara ini dapat terselenggara kembali serta kami berharap  minat mahasiswa serta masyarakat umum semakin tinggi untuk  menambah wawasan mereka melalui acara ini.

Terima Kasih

Penulis : Rusthesa Latritiani |Email : Rusthesa@gmail.com | Mahasiswa aktif Budidaya Perairan Universitas Diponegoro, juga anggota aktif Kelompok Studi Akuakultur 2014-2015

Author: KSA UNDIP

Kelompok Studi Akuakultur

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>