AQUApedia #17

17

Pada Januari 2006, telah ditemukan ikan terkecil di dunia yang ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Ikan ini masuk dalam anggota keluarga Paedocypris progenetica. Hewan ini pertama kali ditemukan oleh Maurice Kottelat dan Tan Heok hui dari Raffles Museum of Biodiversity Research, Singapura pada 2005.

Ikan ini masuk dalam kategori hewan vertebrata (bertulang belakang) terkecil di dunia dengan panjang sekitar 7,9 milimeter. Mereka hidup dengan mengunyah plankton di dekat dasar rawa, dan karena ukurannya yang kecil, dapat tetap bertahan hidup ketika daerah tempat tinggalnya dilanda kekeringan dengan berlindung di genangan air terdangkal di rawa-rawa. Otak Paedocypris progenetica tidak dilindungi oleh tengkorak kepala, dan betinanya hanya mampu menghasilkan beberapa butir telur.

Kehidupan P. progenetica saat ini terancam akibat dirusaknya habitat mereka oleh tindakan manusia.

Maka dari itu dari sekarang, marilah cintai alam dan mulai tumbuhkan kesadaran harus berapa spesies lagi yang hilang karena ketamakan kita menggerus alam indonesia.

Source : liputan6.com
KSA!! FIGHTING!!!

#KSAundip
#KSAproduktiV
#FIGHTING

Author: KSA UNDIP

Kelompok Studi Akuakultur

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>